Resep Bolu Bhoi, Cemilan Khas Aceh

Resep Bolu Bhoi

bolu bhoi, cara bikin bolu bhoi, resep bolu bhoi
bolu bhoi
Cemilan menjadi salah satu hidangan yang wajib, yang hampir setiap hari harus ada di rumah, bukan hanya orang yang sudah berkeluarga saja, akan tetapi remaja pun jika tidak ada cemilan di rumah, rasanya ada yang kurang.

Salah satu cemilan dan menjadi makanan khas daerah aceh yaitu bolu bhoi, yang merupakan makanan jenis cake atau roti yang terbuat dari tepung terigu.

Bolu bhoi ini merupakan roti bolu yang sangat di gemari masyarakat aceh, bahkan menjadi makanan khas mereka. Namun bukan berarti ketika makanan ini menjadi ciri khas masyarakat aceh, terus kita tidak boleh membuatnya, tidak begitu ya, siapapun jika mengetahui resepnya pastilah boleh membuat makan apapun jenis nya.

Untuk itu, maka akan saya ulas apa saja resep untuk membuat bolu bhoi makanan ciri khas aceh ini. Simak terus artikel ini, dan berikut resep untuk membuat bolu bhoi khas aceh.

Bahan-bahan yang harus di persiapkan
-  150 gram tepung terigu
-  ¼ Sendok Teh baking Powder
-  ½ sendok teh kayu manis bubuk
-  1 buah pisang ambon, dan iris tipi-tipis pisang tersebut
-  4 butir telut ayam
-  75 gram gula pasir
-  1 sendok teh SP ( Cake Emulsifier )
-  100 Mili Susu Kental manis

Bahan-bahan di atas harus di sediakan sebelum membuat bolu tersebut, dan kalo bisa harus lengkap karena kalo tidak, rasa dari bolu terebut pasti akan berbeda dari aslinya.

Cara Membuat Bolu Bhoi Khas Aceh

-  Siapkan loyang muffin, dan alasi dengan papper Cup, kemudian panaskan Oven hingga panasnya sampe 180 derajat. Tapi sebaiknya, lakukan dulu kegiatan berikut, sebelum memanaskan oven, karena jika bahan lain tersedia, oven akan terlalu lama di panaskan.

-  Ayak tepung terigu, kayu manis bubuk dan baking powder, lalu sisihkan bahan tersebut.

-  Kocok telur, Sp, gula pasir secara bersamaan hingga mengembang dan telihat pucat.

Bolu Bhoi, Makanan Khas Aceh yang Menggoda Lidah.. Cek disini ..!!

-  Tambahkan susu kental manis, dan aduk hingga rata, lalu masukkan juga bahan kering seperti tepung terigu, kayu manis dan baking powderdan aduk hingga tercampur rata.

-  Masukkan adonan tersebut kedalam papper cup yang sudah di sediakan hingga ¾ bagian atau sekitar 75% dari papper cup tersebut.

-  Tambahkan bagian atasnya dengan irisan pisang ambon (jika ada)
Panggang ke dalam Oven selama 20 menit dengan suhu sekitar 180 derajat celcius hingga mengembang
-  Lalu angkat, dan tambahkan susu kental manis dibagian atasnya, gunakanan susu kental manis gold lalu panggang kembali hingga benar-benar matang.

-  Angkat dan sajikan dalam keadaan hanyat untuk malam hari atau ketika cuaca dingin, bisa juga di sajikan dalam keadaan dingin, atau setelah di masukkan kedalam kulkas, dan bisa di santap ketika cuaca sedang panas.

Pastinya akan menggugah lidah anda untuk terus menikmati kue tersebut, sekian informasinya semoga bermanfaat, dan bisa di praktekkan di rumah.

Posri di atas untuk membuat kue sekitar 25 buah, dalam papper cup yang ukuran kecil atau sedang