10 Macam Buah dan Manfaat bagi Kesehatan

Manfaat Buah

Buah merupakan salah satu makanan yang dapat membantu untuk menyehatkan badan, selain rasa yang enak, segar dan juga mudah untuk di temukan. Buah merupakan sumber vitamin, yang sangat di butuhkan oleh tubuh, bahkan buah menjadi makanan penyempurna kesehatan. Seperti yang sudah di ketahui makanan 4 sehat 5 sempurna, dan salah satunya adalah buah-buahan.

Meski demikian, ada juga orang yang alergi terhadap buah-buahan tertentu, namun sangat menyukai buah-buahan yang lain. Itu normal dan wajar saja, karena setiap orang pasti memiliki tipikal selera yang berbeda.

Manfaat buah bagi tubuh, sangatlah banyak dan tentunya menjadi sumber nutrisi dan vitamin yang alami tanpa ada bahan pengawet dan efek sampingnya, selama anda mengkonsumsi dengan benar dan teratur.

Tak sedikit pula manfaat buah yang di gunakan sebagai makanan untuk mengatur pola makan dan juga sebagai alternatif diet. Apalagi bagi wanita yang ingin tubuhnya proposional, tentu buah menjadi menu yang wajib di konsumsi setiap hari.

Berikut beberapa macam buah dan manfaatnya, yang anda bisa mendapatkan jenis buah tersebut dengan mudah, bahkan terkadang anda juga menanamnya di pekarangan rumah anda, berikut ulasannya :

10 Macam Buah dan Manfaatnya

1. Manfaat Buah Alpukat
buah alpukat, manfaat buah alpukat
Buah alpukat mudah di dapatkan, bagi penggemar jus buah ini tentu sering menjadi pilihan untuk di jadikan pilihan jus buah. Buah alpukat memiliki kandungan Vitamin A, B, B6, C, E, Kalium, Asam Folat, Serat dan Lemak sehat omega 9.

Buah alpukat memiliki manfaat bagi kesehatan, untuk mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar kolestrol, mengurangi resiko stroke, menyehatkan jantung, mencegah kanker, dan baik untuk kesehatan mata. Namun buah alpukat ini kurang cocok di jadikan sebagai makanan Diet, karena buah alpukat ini justru mampu menambah berat badan.

2. Manfaat Buah Anggur
buah anggur, manfaat buah anggur
Buah anggur, saat ini bukanlah buah yang sudah di dapatkan, bahkan di pasar-pasar sudah banyak orag yang menjual buah yang notabene mahal dan berkelas. Untuk saat ini, masyarakat akan lebih mudah dan menemukan buah anggur, dengan harga yang lumayan terjangkau.

Buah anggur memiliki kandungan vitamin A, B komplek, Vitamin K dan C. Lalu Asam galat, glukosida, zat besi, kalium dan mangan. Dan ternyata buah anggur juga memiliki senyawa polifenol, dimana zat ini berfungsi sebagai anti oksidan.

Manfaat buah anggur ternyata juga banyak, seperti mengurangi resiko ada usus besar, prostat dan mengurangi terkena kanker payudara. Namun anggur juga banyak di gunakan sebagai antioksidan dan anti mikroba.

Manfaat Buah Anggur,Bagi Kesehatan tubuh

3. Manfaat Buah Apel

buah apel, manfaat buah apel

Buah apel, menjadi salah satu buah yang sangat di favoritkan, termasuk saya sendiri merupakan penyuka buah apel, selain rasanya enak buah apel juga memiliki kandungan Vitamin A, B dan C. Dan kandungan serat yang terdapat pada buah apel, bisa membuat anda kenyang lebih lama. Sehingga buah ini sangat cocok bagi anda yang ingin Diet.

Manfaat buah apel sendiri seperti, membantu kinerja usus halus, mengurangi gangguan resiko gangguan pernapasan, mengontrol gula dalam darah, mengatasi obesitas (Kegemukan), membantu mencegah dan mengobati kanker, menurunkan kolestrol serta menyehatkan jantung.

4. Manfaat Buah Asam
buah asam, Manfaat buah asam
Buah asam memiliki rasa yang unik banget, asem-asem manis gitu, tapi ternyata di balik rasa kecut buah asam ini, memiliki kandungan nutrisi seperti fosfor, kalium, asam malat, dan asam pipekolat. Asam juga salah satu alternatif untuk mengobati sriawan.

Manfaat buah asam bagi tubuhanda yaitu membantu fungsi organ pencernaan, meningkatkan nafsu makan, mengatasi sembelit dan mengatur kadar kolestrol pada tubuh anda.

5. Manfaat Buah Belimbing
buah belimbing, manfaat buah belimbing
Buah yang satu ini, merupakan buah yang nasib-nasib an, kenapa demikian, karena menurut saya buah yang satu ini kadang ada yang manis dan kadang ada yang asam banget, alias kecut. Namun semua tergantung dari segi perawatan dan pemeliharaan tanaman itu sendiri ya.

Untuk kandungan buah belimbing ini ternyata kaya akan vitamin C, dan memiliki kandungan Vitamin E, K, dan A, selain itu juga mengandung folat, niacin, fosfor, zat besi, protein, lemak, kalium serta serat. 

Manfaat Buah Belimbing untuk kesehatan pembuluh darah, bersifat sebagai anti oksidan, baik untuk mengatasi hipertensi, melancarkan sistem pencernaan, menurunkan berat badan, dan menurunkan kadar kolestrol.

10 Macam Buah Dan Manfaatnya

6. Manfaat Buah Bengkoang
Buah bengkoang merupakan buah rakyat, karena di perkampungan banyak sekali di jumpai buah yang satu ini. Pada jaman dulu, bengkoang merupakan buah yang sering di tanam di kampung saya, namun seiring perkembangan jaman, sekarang malah hampir tidak ada yang menanam buah bengkoang ini. Tapi tak masalah ya selagi di tempat lain masih berbudidaya.

Buah bengkoang memiliki kandungan vitamin B, C, Zat besi , karbohidrat dan lemak. Bengkoang sendiri merupakan buah yang sangat baik untuk keseahatan kulit, manfaatnya untuk memutihkan kulit anda, baik untuk wajah dan juga kulit tubuh, buah bengkoang juga mampu mencegah penuaan dini dan melembabkan kulit.

7. Manfaat Buah Cempedak (Nangka)
Buah cempedak atau ada yang menyebut buah nangka ini, merupakan buah yang mudah di dapatkan, dulu memang tidak ada harganya, namun sekarang buah ini menjadi buah kesukaan. Buah cempedak memiliki kandungan Vitamin A, C dan B1, protein, zat besi, kalium, karbohidrat, lemak dan fosfor.

Manfaat buah cempedak ini bisa membantu mengatasi penyakit malaria, untuk menyehatkan mata, membantu proses pencernaan dalam usus, meningkatkan daya tahan tubuh atau imun, menurunkan kadar kolestrol darah, membantu mengobati tumor dan mengusir parasit.

8. Manfaat Buah Coklat
Buah coklat kini sudah menjadi salah satu jenis buah-buahan yang banyak di tanam, sebagai alternatif pengganti perkebunan sawit. Banyak sekarang di lakukan penanaman buah coklat di sela tanaman sawit, ini bukan hanya untuk persiapan setelah replanting sawit ya, namun juga menjadi sumber pendapatan yang menajanjikan.

Buah coklat ternyata banyak mengandung Vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B3 , C dan E. Karbohidrat, lemak, kalori, kafein, fosfor, magnesium, asam pantotenat, mineral esensial dan juga sebagai antioksidan.

Manfaat buah coklat ini juga banyak, coklat juga merupakan salah satu bahan dasar pembuatan coklat, dengan pengolahan terlebih dahulu. Manfaat buah coklat juga sebagai .penangkal radikal bebas, dan menangkal penyakit kanker. mengurangi kadar kolestrol, menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, mengobati organ pada hati, dan mengobati sakit batuk.

9. Manfaat Buah Duku
Buah duku merupakan buah musiman, yang terkanal adalah duku palembang, yang sangat terkenal manis dan nikmat banget. Namun jangan salah pilih duku ya, jaman sekarang banyak sekali yang mengatas namakan duku palembang, padahal dukunya bukan dari palembang. Untuk itu harus cerdas memilih.

Buah duku mengandung vitamin E, C, Kalori, mineral, karbohirat, zat besi, kalsium, fosfor dan protein. Manfaat buah duku sendiri juga banyak ya, duku sangat baik bagi kesehatan gigi dan gusi, jadi untuk anda yang mengalami masalah pada gusi dan gigi, sebaiknya anda mengkonsumsi buah ini. Buah duku juga dapat mencegah penuaan dini, dan tentunya kaya akan air yang membantu anda dalam mendapatkan asupan cairan untuk tubuh anda.

10. Manfaat Buah Durian
Buah durian, siapa sehhh yang ga suka... Plis deh ya, hampir semua kalangan suka banget sama buah yang satu ini. Ini bisa di katakan sebagai buah raja yang menjadi primadona setiap orang. Namun sebaiknya anda mengkonsumsi buah ini dengan cukup ya, karena jika terlalu banyak akan terasa panas di lambung. Buah ini juga kurang baik untuk Bumil, dan untuk anak kecil, makan secukupnya saja.

Buah durian mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C, B, karbohidrat, lemak tak jenuh, fosfor, kalium, omega 3 dan 6, magnesium, protein, thiamin, polyfhenol dan anti Oksidan. Buah durian mengandung banyak kalori dengan jumlah tinggi di bandingkan buah yang lain, gula alami pada durian juga mudah di cerna seperti fruktosa dan sukrosa dan ini bermanfaat untuk mengembalikan energi dalam tubuh.

Manfaat buah durian juga sebagai pemabntu melancarkan pencernaan, mengatasi insomnia, mencegah sakit kanker, mencegah anemia, meredakan batuk, menjaga kesehatan tulang, dan juga mampu menurunkan berat badan.

Baca Juga : Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan dan Kecantikan 

Nah di atas adalah beberapa macam buah dan juga manfaatnya, jadi buah mana yang sering anda konsumsi, ..?? jangan lupa SHARE ke teman ya, supaya lebih bermanfaat. 
Referensi kampoengilmu