9 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

manfaat jengkol, buah jengkol

Manfaat Jengkol

Jengkol merupakan salah satu buah yang di jadikan sebagai lauk yang sangat di gemari oleh semua orang. Dari kalangan atas apalagi kalangan bawah ya, meskipun dengan bau yang amat sangat super tajam, tapi tidak akan menghilangkan kesukaan seseorang pada jengkol tersebut.

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat jengkol untuk kesehatan kita, sebaiknya kita tahu dulu ya apa saja yang terkandung didalam buah jengkol.

Jengkol memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak seperti Zat Besi, Kalsium, Fosfor, Vitamin A, C, B1, B2, dan B6, Serat, Asam Jengkolat,  Mineral, Anti Oksidan, Asam Folat, zat gula.

Namun jengkol tidak di anjurkan bagi anda yang memiliki masalah serius dengan ginjal, jika anda memiliki penyakit ginjal sebaiknya anda hindari saja jengkol tersebut. Karena di takutkan akan berakibat fatal terhadap saluran kencing.

Manfaat Jengkol

1. Mencegah Anemia

Jengkol mengandung banyak nutrisi seperti zat besi yang berguna untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah yang menyebabkan anemia, jadi untuk mencegah anemia anda bisa mengkonsumsi 

2. jengkol sebagai penangkal anemia

Pembentukan Jaringan Dalam Tubuh
Jengkol memiliki banyak kandungan protein yang mampu membantu pembetukan jaringan dalam tubuh, dan ternyata kandungan protein pada jengkol melebihi dari kacang hijau dan juga kedelai.

3. Mencegah Tulang Keropos

Nutri kalsium dan fosfor yang terkandung di dalam jengkol, ternyata baik untuk membantu mencegah tulang keropos, tapi tetap konsumsi jengkol sesaui aturan ya, secukupnya saja.

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan  Baca Juga


4. Membasmi Radikal Bebas

Vitamin A, dan C selain baik untuk mata, tenryata juga menjadi antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas akibat debu, maupun panas.

5. Mencegah Jantung Koroner

Jengkol mampu melancarkan pembuangan urin, dimana urin yang lancar sangat baik baik penderita jantung.

6. Melancarkan Pencernaan

Serat yang tinggi pada jengkol, juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan, sehingga baik untuk mengatasi sembelit, apalagi bagi ibu hamil yang mengalami sembelit, jengkol bisa menjadi salah satu alternatifnya.

7. Mengatasi Masalah Penyempitan Pembuluh Darah

Penyempitan pada pembuluh darah, akan menghambat jantung untuk memompa darah, sehingga akan berbahaya jika terjadi. Dan tidak sedikit kita dengar bahwa kebanyakan orang sakit hingga fatal akibat serangan jantung. Mineral pada jengkol mampu melancarkan pembuluh darah, dimana mineral akan mencegah penyempitan pembuluh darah.

8. Jengkol Menstabilkan Organ Tubuh

Asam Folat dan kandungan vitamin B6, membantu tubuh anda untuk menstabilkan organ-organ penting yang ada di dalam tubuh anda.  Selain itu, bagi ibu hamil kandungan asam folat baik untuk perkembangan janin serta dapat mencegah terjadinya kecacatan pada bayi.

9. Mengontrol Gula Darah

Zat gula dalam jengkol, ternyata bersahabat bagi para penderita diabetes. Zat gula dalam  jengkol mampu untuk mengontrol gula darah yang berlebihan pada orang yang menderita diabetes.

Tersebut di atas merupakan manfaat dari buah jengkol, jadi bagi anda yang ga doyan sama jengkol, sebaiknya pikir dua kali yah, karena manfaat yang jauh lebih banyak ketimbang memikirkan baunya yang luar biasa. Jadi konsumsi jengkol secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan.

Dan satu catatan, bagi anda penderita penyakit ginjal, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi jengkol, karena jengkol memiliki kandungan asam jengkolat dan di khawatirkan jika ginjal tidak mampu menyaring kristal-kristal dari asam tersebut, maka akan sulit untuk buang air kecil atau anyang-anyangan.

Baca Juga Ya : Manfaat Madu Untuk Kesehatan, bisa untuk Apa aja Seh..?? simak dulu !!

Sekian semoga bermanfaat, SHARE jika di rasa ini bermanfaat. Terima kasih.