7 Cara Cuci Muka yang Benar, Supaya Wajah Bebas Dari Debu dan Kotoran

cuci muka, cuci muka yang benar

Cara Cuci Muka Yang Tepat

Cuci muka adalah hal yang sepele, kapan pun dan siapa pun bisa melakukan kegiatan tersebut. Namun ternyata cuci muka juga memiliki aturan sendiri, dimana kita tidak bisa sembarangan cuci muka dan nantinya malah hasilnya tidak maksimal.

Cuci muka yang benar menurut beberapa referensi kesehetan, ada beberapa langkah yang harus di lakukan dan di perhatikan. Malah kadang wanita yang memakai make up sering melakukan hal yang salah ketika cuci muka.

Setelah memakai make up seharian, dan kebanyakan wanita terburu-buru untuk membersihkan dengan mencuci muka, dan malah menggosok muka supaya make up nya cepat hilang, dan ternyata hal itu tidaklah baik untuk kulit wajah anda.

Langkah Cuci Muka Yang Benar

Untuk langkah cuci muka yang benar, anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini :

1. Cuci Tangan

Apa..??cuci tangan.?? Hal yang sangat sepele sekali bukan. Tapi kebanyakan dari kita yang sering kali lupa untuk cuci tangan terlebih dahulu sebelum cuci tangan, dan langsung saja ambil air dan membasuhkan ke muka. Betul kan..???
Gunanya cuci tangan ini adalah, menghilangkan kotoran yang menempel di tanan, sehingga ketika cuci tangan, tangan jadi bersih dan kotoran di tangan tidak menempel di wajah ketika mengusap wajah.

Cara Cuci Muka Yang Tepat, Berikut Aturannya

2. Bersihkan Make Up

Nah kan.. hal yang sering di lakukan emak-emak ini hehe..
Biasakan membersihkan bekas make up yang di pakai seharian sebelum cuci muka, bersihkan make up menggunakan pembersih wajah misal micellar water. Bersihkan dengan menggunakan kapas halus, dan setelah bersih maka lanjutkan ke step selanjutnya.

3. Pakai Air Hangat

Anda bisa mencuci muka menggunakan air hangat, bukan air panas ya, hal ini akan memudahkan kotoran terlepas dari kulit wajah.

4. Gunakan Pembersih Wajah Berbentuk Gel

Sabun dapat menyebabkan kulit menjadi kering, dan tidak bisa menghilangkan kotoran di wajah secara tuntas. Maka sebaiknya gunakan pembersih wajah yang berbentuk gel, untuk membantu membersihkan sisa make up, dan kotoran dalam pori-pori.

5. Pijat Wajah Dengan Lembut

Setelah membersihkan dengan gel, yang harus di lakukan adalah memijat-mijat wajah dengan lembut jangan langsung membasuh wajah yang sudah tertempel gel tersebut. Lakukan pijatan pada area hidung dan dahi yang cenderung lebih banyak berminyak, lakukan beberapa menit saja.

6. Gunakan Lap Halus

Setelah itu, basuhlah wajah anda dengan air bersih, dan anda bisa menggunakan air dingin untuk membersihkan wajah tersebut dari gel. Air dingin juga berfungsi untuk menutup pori-pori wajah yang terbuka akibat basuhan air hangat pada awal cuci muka.

Gunakan lap halus untuk mengeringkan wajah, dan jangan menggosok dengan handuk atau secara kasar, karena akan berakibat pada ke elastisitas kulit wajah.  Lebih baik lagi jika mengeringkan dengan cara menepukkan kain ke wajah secara pelan.

7. Pakai Toner

Setelah cuci muka, gunakanlah toner yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda. Toner berguna untuk membersihkan wajah dari sisa make up, mengecilkan pori wajah dan bisa menghilangkan kelebihan minyak di wajah.
Nah di atas merupakan langkah yang benar untuk cuci muka, maka selanjutnya tinggal anda praktekkan di rumah.

Baca Ya : Wanita Hamil makan Jamur .. Boleh kah ?? Ini alasannya 


Sekian semoga bermanfaat jangan lupa di SHARE, referensi hellosehat