5 Jenis Kulit Wajah, Kenali ya, Punya Kamu Yang Mana ? Simak..!!!

Jenis Kulit Wajah

5 Jenis Kulit Wajah

Kulit wajah anda, ternyata memiliki berbagai varian atau jenis yang berbeda, setiap orang akan memiliki bentuk wajah dan kulit yang berbeda pula. 

Ada 5 jenis kulit wajah pada seseorang, dan anda harus tau jenis kulit mana yang anda miliki, sehingga anda bisa melakukan perawatan dengan baik dan benar.

Berukit merupakan jenis kulit pada wajah, dan juga cara perawatannya, Simak ya :

1. Kulit Wajah Normal

Nah bgai anda yang memiliki wajah normal, beruntung banget ya kamu, karena kulit wajah normal ini tergolong kulit wajah yang sangat mudah dalam perawatan dan juga memiliki jumlah kandungan air dan minyak yang seimbang.

Kulit wajah normal tidak terlalu sensitif, pori-pori pun hampir tidak terlihat, dan terlihat bercahaya, ini karena kandungan air dan minyak yang seimbang sehingga wajah anda tidak terlalu kering dan tidak berminyak.

Perwatannya pun cukup mudah, dengan menggunakan pembersih untuk kulit normal, dan gunakan sabun pembersih wajah yang halus dan jangan menggosok terlalu kasar, lalu bilas dengan air hangat. Jika menggunkan sabun jenis satu, maka terjadi perubahan pada kulit wajah anda menjadi keringatau malah berminyak, maka gunakan sabun normal yang lain.

2. Kulit Wajah Kering

Kulit wajah kering, kurang memiliki kelembaban di luar, kulit terlihat kusam, garis keriput terlihat dan terasa kasar dna kering. Kulit wajah kering, biasanya mepori-pori yang kecil bahkan hampir tak terlihat, dan kurang kenyal. Kulit jenis ini juga gampang merah, meradang, gatal dan malah bersisik. 

Kulit wajah kering bisa di sebabkan oleh, faktor genetik, sinar matahari, perubahan hormon, penuaan, radiasi ultraviolet (radikal bebas), mandi air hangat terlalu lama atau produk bahan dalam produk sabun, pembersih dan kosmetik.

Cara mengatasi kulit tersebut yaitu:
- Hindari mencuci atau mandi dengan air hangat terlalu lama
- Gunakan pelembab selesai cuci muka
- Gunakan pembersih yang lembut yang tidak mengandung alkhohol dan wangi- wangian
- Pakailah sabun yang mengandung pelembab

Jenis Kulit Pada Wajah, simak Anda wajib tahu..!!!


3. Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak di sebabkan produksi sebum dan kelenjar minyak (sebaceous) yang berlebih. Sebum adalah zat minyak yang di hasilkan dari lemak, sedangkan sebaceous kelenjar yang terdapat pada permukaan kulit.
Jenis kulit wajah yang berminyak, cenderung memiliki pori-pori yang besar, terlihat berkilau, dan di sertai komedo, noda hitam serta jerawat.

Cara mengatasinya jenis kulit wajah berinyak yaitu :
- Rajin cuci muka 2 kali sehari, gunakan sabun pencuci muka yang mengandung Giserin

- Gunakan kertas minyak untuk membantu menyerap minyak pada wajah, atau bisa menggunakan tissu.

- Gunakan masker, seperti masker madu, masker telur, masker lemon, masker lidah buaya, masker tomat dan masker almond, akan embantu mengurangi minyak pada wajah

- Gunakan kosmetik Clay dan anda juga bisa menggunakan masker clay atau tanah liat untuk perawatan wajah

- Kurangi makan gorengan
- Gunakan tabir surya dan pelembab bebeas minyak

4. Jenis Kulit Wajah Sensitif

Jenis kulit wajah yang seperti ini, cenderung lebih mengalami alergi atau iritasi, bisa di sebabkan oleh makanan, tanaman, lingkungan atau bahkan produk kosmetik. Kulit wajah akan mengalami gatal, kemerahan, kering, pengelupasan, serta terbakar ketika terjadi kontak dengan pemicunya.

Perawatannya kulit jenis sensitif bisa terlebih dahulu menghindari penyebab alergi dan iritasi, gunakan sabun halus yang tidak mengandung alkhohol, asam, dan wewangian. Cobalah menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung produk lidah buaya, teh hijau, polifenol, chamomile, dan gandum

5. Jenis Kulit Wajah Kombinasi

Nah untuk jenis kulit yang satu ini, perawatannya sedikit agak rumit, karena kulit wajah dengan jenis kombinasi ini, memiliki kulit wajah kering dan berminyak pada area tertentu. Untuk yang kering biasanya terdapat pada bagian pipi dan untuk yang berminyak biasa di bagian dahi, hidung dan dagu, dimana pada bagian tersebut sering terjadi komedo atau jerawat kecil.

Untuk porawatannya sendiri, anda bisa menggunakan cara perawatan pada jenis kulit berminyak atau jenis kulit kering, dan gunakan perawatan tersebut pada area kulit wajah yang memiliki jenis masing-masing. 

Tidak bisa secara menyeluruh anda gunakan jenis perawatan kering misalnya, atau hanya menggunakan jenis perawatan berminyak pada seluruh wajah misalnya. Makan anda harus mengguankan sesuai dengan area jenis kulit wajah anda.

Baca : Manfaat Air Kelapa Muda .. Masih Ga suka ? Baca Dulu ..!!

Sekian semoga anda bisa mengenali kulit wajah anda dan anda bisa melakukan perawatan yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda. Silahkan di SHARE, semoga bermanfaat.
Referensi Googling