6 Hal Yang Harus di Perhatikan Pada Anak Yang Memiliki Asma

Asma pada anak, asma

Asma Pada Anak

Memiliki buah hati yang mengidap penyakit asma mungkin menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri bagi keluarga, terutama ibu yang begitu protektif terhadap anak. Namun jika anda mengetahui gejala dan jenis asma yang di miliki anak, maka seharusnya anda melakukan persiapan.

Mencegah asma pada anak atau hal yang harus anda lakukan ketika anak anda memiliki asma yaitu yang akan kita bahas pada ulasan berikut, namun di harapkan bunda tidak terlalu mengkhawatirkan si buah hati ya, biarkan ia hidup bebas dan menikmati masa kecilnya.

6 Hal yang Harus di perhatikan Pada Asma anak

1. Simpan rekam Medis
Menyiapkan segalanya bagi anak yang memiliki penyakit asma pasti akan di lakukan oleh setiap bunda, baik dari segi biaya maupun cara bergaulnya. Tapi bukan berarti bunda harus membatasi pergaulan si anak ya, hanya saja beberapa kegiatan yang memungkinkan memicu asmanya kambuh tentu menjadi prioritas.

Salah satu rencana yang harus di lakukan orang tua jika memiliki anak yang mengidap asma yaitu dengan menyimpan rekam medis, dengan demikian orang tua selalu siap siaga dalam menghadapi ketika asma si anak kambuh. Dengan mengetahui rekam medis maka orang tua akan tahu langkah dan obat apa yang harus di berikan kepada si anak.

2. Hindari Pemicu Asma pada Anak
Tinggal di rumah dengan perlindungan bagi sianak bukan berarti harus mengekang anak untuk tidak bergaul, hanya saja membatasi hal-hal yang memicu kambuhnya asma. berikut beberapa hal yang membuat asma kambuh :
- Hewan berbulu, karpet yang banyak memiliki bulu, boneka.
- Lumut dan jamur pada dinding rumah
- Asap rokok dan semprotan, dan asam rokok ini yang berbahaya, selain berbahaya bagi kesehatan pernapasan bagi perokok pasif, akan lebih berbahaya lagi bagi asma si anak
- Makanan tertentu seperti buah kering, kentang prosesan dan udang

Perhatikan hal berikut jika anak anda mengidap asma

3. Rutin Cek ke Dokter
Ketika anda sudah mengetahui anak anda mengidap asma, maka sebaiknya anak rutin di cek ke dokter, ini untuk mengetahui perkembangan penyakit asma tersebut dan juga obat yang harus di berikan ke anak. Namun terkadang banyak yang terkendala karena biaya, jadi sebaiknya anda gunakan ansuransi jiwa bagi si anak.

4. Action Plan
Maksud dari action plan ini adalah menuliskan segala hal yang berhubungan dengan instruksi tertulis dari dokter, dan obat-obatan apa saja yang harus di berikan kepada si buah hati.

5. Persiapkan anggota keluarga yang lain
Ini sangat penting bagi keluarga yang lain untuk mengetahui bahwa si anak memiliki penyakit asma, bukan malah malu untuk mengatakannya, karena kita tidak pernah tahu kapan asma pada anak akan kambuh. Jadi jika anggota keluarga yang lain mengetahui maka mereka akan tahu langkah yang harus di lakukan. Bukan hanya keluarga, kepada teman sekolah dan guru pun harus di beritahukan agar mereka juga bisa menjaga kesehatan anak.

6. Ajarkan anak tentang asma yang di derita
Anda tidak perlu membiarkan anak anda tidak megetahui tentang penyakitnya, anda harus memberitahu tentang asma yang di derita sianak. Dengan memberikan pengetahuan bagi anak sehingga ia mengerti apa saja yang harus di lakukan dan tidak di lakukan ketika bermain maupun beraktivitas yang lain.

Nah tersebut di atas merupakan hal yang harus di lakukan bagi orang tua jika memiliki buah hati yang mengidap asma.

Baca Juga : Gejala Sakit Maag, dan penyebab nya, punya penyakit lambung wajib tau ..!!


Sekian semoga bermanfaat jangan lupa di SHARE, semoga bermanfaat.
referensi hellosehat