Wanita Hamil Jadi Sering Kentut, Kenapa ya..?? ini Alasannya

wanita hamil sering kentut

Wanita Hamil Sering Kentut

Kentut atau buang angin adalah hal yang lumrah dan umum, dan menjadi salah satu bagian kesehatan bagi diri anda, jika anda tidak kentut malah ini menandakan adanya sesuatu yang ganjil pada kesehatan anda.

Namun bagaimana jika kentutnya malah keseringan..? hayoo.. Nah bagi Bumil, sering kentut juga hal yang lumrah, terkadang jika tidak tahan, bumil akan kentut dimana saja termasuk di depan orang banyak.


Memang malu jika kentutnya di depan umum, apalagi kalo sampai bunyi keras dan banyak yang mendengar, wah wah, ini neh yang bikin ketawa pastinya. Namun, jika bumil kentut di depan umum atau orang banyak, jangan heran ya, ini memang di sebabkan tekanan perut yang semakin besar sehingga bumil tidak bisa menahan gas tersebut. Dan alhasil jadi keceplosan.. :D hihi..

Penyebab Wanita Hamil Sering Kentut

Bumil biasanya buang gas hingga 18 kali dalam sehari, hayo siapa ne yang sering ngitung kentut..???? . Hal ini di karenakan bumil akan menghasilkan sekitar 4 liter gas setiap harinya.

Lantas kenapa bisa sebanyak itu dalam sehari dan jumlah gas yang di hasilkan setiap hari..? Ini di karenakan adanya peningkatan hormon progesteron, dimana hormon progesteron ini akan membuat otot-otot di seluruh tubuh menjadi lemas, termasuk otot pada usus besar juga akan melemas.


Otot pada usus yang melemas ini lah yang menyebabkan pencernaan kurang lancar, sehingga mengakibatkan penumpukan gas. Selain itu, hal ini juga menyebabkan bumil jadi sering sendawan dan perut terasa kembung.


Hal lain yang menyebabkan kentut karena pembesaran uterus atau rahim, sehingga menyebabkan tekanan pada rongga perut. Tekanan ini yang memicu perlambatan proses pencernaan, sehingga terjadi penumpukan gas.

Cara Menghindari Bumil Agar tidak Sering Kentut

Meskipun ini adalah hal yang umum, namun ada caranya juga agar bumil tidak sering kentut, berikut tips nya :

Alasan Kenapa Bumil Sering Kentut ..??


1. Menghindari makanan yang mengandung Gas
Beberapa makanan ada yang merangsang saluran cerna untuk mengeluarkan angin, ini di sebabkan karena makanan tersebut memang mengandung gas. Makanan apa saja seh yang banyak mengandung Gas, ..??

- Sayuran bergas tinggi seperti brokoli, kembang kol, kol, dan sayuran mentah
- Buah yang mengandung Sorbitol seperti durian, nangka, persik, pir dan apel
- Makanan yang mengandung Pati tinggi seperti gandum utuh

Makanan di atas merupakan makanan yang banyak mengandung Gas, sehingga akan menyebabkan Bumil sering kentut. Namun makanan di atas juga termasuk makanan yang banyak nutrisi dan vitamin yang sangat di butuhkan oleh Bumil, jadi sebagai Catatan: Jangan hanya karena tidak ingin buang angi terlalu sering anda mengabaikan makanan bernutrisi yang di butuhkan oleh anda dan si baby ya.

JADI PENTINGKAN KESEHATAN ANDA DAN BAYI ANDA DARI PADA KENTUT.

2. Mengunyah Makanan dengan Perlahan

Mengunya makanan dengan perlahan sampai halus dan lumat, ini merupakan cara supaya pencernaan anda dapat mencerna makanan tersebut dengan mudah dan dapat di serap oleh tubuh. Kentut juga di sebabkan oleh bakteri yang bekerja keras mencerna makanan yang tidak di cernah oleh enzim di lambung, sehingga akan menghasilkan Gas. Jadi mengunyah makanan dalam waktu lama akan mempermudah lambung mencerna makanan anda.

3. Olah Raga

Saat hamil, bermalas-malasan bukanlah hal yang harus di lakukan, dengan olah raga malah akan membuat si calon bayi menjadi sehat termasuk juga anda. Dan olah raga tersebut bukan olah raga yang menguras tenaga ya, anda bisa berjalan kaki atau yoga untuk menyehatkan.
Olah raga sendiri juga baik untuk mencegah sembelit, dan perbanyak minum air. Selain itu, batasi juga pemanis buatan, baik dari makanan maupun minuman.

So, buat bumil yang sering kentut, tidak usah risau ya, karena hal tersebut merupakan hal yang wajar dan umum, dan juga pada point 1, sebaiknya anda tidak terlalu berlebihan dalam mengurangi makanan yang menandung gas, takutnya hanya karena ingin mengurangi makanan yang mengandung gas, anda dan bayi anda malah akan kekurangan nutrisi, so pentingkan Kesehatan dari pada Kentut.

 Baca : Suntik Putih Aman Atau Tidak , Cek dulu Sebelum Terlambat .!!

Sekian semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa Share ya.
Referensi hellosehat