Resiko Minum Kopi Saat Hamil, Awas Hal Ini Akan Terjadi Pada Janin

minum kopi saat hami, kapi dan janin

Resiko Minum Kopi Saat Hamil

Makanan dan minuman memang harus selalu di perhatikan saat anda hamil apalagi minum kopi saat hamil. Fase Bagi wanita yang paling indah adalah di saat hamil, dan tentu menjadi moment yang sangat mendebarkan, apalagi bagi yang pertama kalinya hamil. Mungkin ada sedikit rasa was-was dengan kehamilan, dan sangat protektif terhadap janin tersebut.

Ada beberapa resiko yang harus di terima bagi bumil yang kebiasaan minum kopi, ini akan berdampak pada janin anda, yang menurut penelitian ibu hamil yang sering mengkonsumsi kopi akan beresiko memiliki bayi gendut atau obesitas.

Obesitas ini tentu bukan hal yang terlalu di khawatirkan, karena memiliki bayi yang gendut pasti akan terlihat imut. Namun adakah resiko yang lain yang perlu di perhatikan saat ibu hamil mengkonsumsi kopi..??

Hal lain yang perlu di perhatikan adalah, ketika anda sering minum kopi saat hamil, maka obesitas pada anak akan terbawa sampai masa kanak-kanak sampai umur 3-5 tahun akan sangat terlihat obesitas pada anak.

Yang paling di sayangkan apabila gendutnya sianak akan terbawa sampai dewasa, tentu akan menjadi kekurangan tersendiri bagi si anak, yang mungkin akan sedikit tidak percaya diri dengan badan gendutnya.

Minum Kopi Saat Hamil, akan beresiko pada janin anda

Study yang di terbitkan dalam British Medical Journal (BMJ), penelitian yang di buktikan setelah meniliti sekitar 51.000 wanita dan bayi mereka dengan mencatat seberapa banyak kafein yang di konsumsi saat wanita tersebut hamil, dan hasilnya memang wanita yang lebih sering mengkonsumsi Kafein cenderung memiliki bayi yang gendut atau obesitas.

Hal fatal lainnya ketika anak memiliki kelebihan berat badan atau obesitas adalah, anak beresiko terkena diabetes, stroke saat dewasa dan penyakit jantung. Saat bumil mengkonsumsi kopi, kafein yang akan masuk ke plasenta dan mempengaruhi pencernaan dan penyerapan gizi pada janin. Inilah yang akan menyebabkan janin anda gemuk.

Tapi ingat ya, yang menyebabkan gemuk adalah kafeinnya, jadi untuk makanan dan minuman yang mengandung kafein juga akan menyebabkan janin menjadi obesitas. Dan bukan hanya kopi yang mengandung kafein, cokelat, minuman bersoda, teh juga merupakan minuman yang memiliki kafein. 

Jumlah Kafein Yang Aman Bagi Bumil

Ibu hamil, tidak di anjurkan untuk minum kopi lebih dari 200 mg, atau setara dengan 2 cangkir kopi kecil sehari. Dan resiko lain saat bumil mengkonsumsi kafein adalah meningkatkan resiko keguguran, dan ini adalah hal yang paling fatal pada bumil, dan sangat akan menyakitkan bagi kedua orang tuanya.

Untuk itu, batasilah makanan atau minuman yang banyak mengandung kafein, dengan mengkonsumsi secukupnya tentu akan membuat anda dan janin anda lebih sehat .

Berikut jumlah kafein pada makanan dan minuman yang sering kita temui bahkan sering kita konsumsi. 
- Kopi seduh mengandunf kafein 95-165 mg pergelas
- Kopi Instan mengandung kafein 50-76 mg pergelas
- Teh Hitam Kafein 48 mg pergelas
- Teh Hijau 40 mg pergelas
- Minuman bersoda mengandunf kafein 24-48 perkaleng
- Cokelat 25 mg perbatang

Dengan mengetahui jumlah kafein yang terkandung di dalam makanan atau minuman tersebut, maka sebaiknya anda main aman ya, jangan sampai resiko yang berat akan terjadi pada anda dan janin anda. 

Untuk mengatasi atau mengurangi minuman dan makanan berkafein gimana ya..??
Cara yang paling ampuh adalah, rasa sayang terhadap janin dan masa depan anak anda, jika anda ingin anda dan calon baby anda sehat maka sebaiknya itu menjadi penyemangat untuk mengurangi mengkonsumsi kafein.

Cara lainnya, yaitu dengan membatasi atau mencampurkan kopi berkafein dengan kopi yang tidak berkafein, maka lama kelamaan anda tidak akan ketagihan untuk mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak.

Baca : Cara Cantik Alami, dan Memutihkan Wajah 

Sekian semoga artikelini bermanfaat, SHARE ke teman biar lebih manfaat.
referensi hellosehat