Makanan Yang Mampu Mencegah Penuaan

makanan sehat, mencegah penuaan

Mencegah penuaan Dengan Makanan Sehat

Proses penuaan pasti akan terjadi bagi setiap orang, proses penuaan merupakan sebuah proses alami yang cukup rumit. Karena semua melibatkan faktor gaya hidup, lingkungan, kondisi tubuh dan juga makanan. Namun apakah makanan mampu mencegah penuaan ..?? atau malah juga mempengaruhi penuaan..??

Pola makan ternyata juga akan mempengaruhi penuaan setiap orang, namun tidak 100% penuaan bisa di cegah dengan makana, karena penuaan memang susuatu yang terjadi secara alami, yang akan di lalui setiap orang yang memiliki umur yang lebih.

Namun, jika pola makan tidak di kontrol, maka penuaan akan labih cepat menghampiri seperti yang kita tahu penuaan dini. Pola makan yang sehat dan tepat dapat memperlambat penyebab dasar penuaan setiap orang, dengan mencegah beberapa faktor berikut :

1. Mencegah penuaan dengan Mencegah Terbentuknya Glikasi (AGE's)
Advan GlycationEnd Product atau glikasi adalah senyawa berbahaya yang terbentuk ketika lemak begabung dengan gula dalam aliran darah. Untuk menghindari glikasi, seharusnya anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan, meski sebenarnya tubuh akan secara alami menghilangkan AGE's dengan antioksidan dalam tubuh. Namun jika AGE's terlalu banyak, maka antioksidan dalam tubuh saja tidak akan mampu untuk menghilangkan glikasi.

Yang Perlu di kurangi :
- Mengurangi asupan karbohidrat
- Menghindari makanan yang di panggang hingga kecoklatan
- Masak daging dengan suhu rendah
- Hindari makanan kemasan yang di proses
- Hindari minuman yang mengandung Karamel

Makanan yang Mampu Mencegah Penuaan

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan juga akan mengurangi glikasi dalam tubuh, makanan yang mengandung antioksidan tersebut adalah :
- Bayam, tomat, wortel, ubi merah, brokoli, teh hijau, kiwi, anggur, dan kayu manis.

2. Mencegah Peradangan (Inflamasi)
Untuk menghindari inflamasi, anda bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam omega 3. Omega 3 dapat anda temukan dalam sayuran berdaun hijau tua, kacang walnut, ikan laut dan daging hewan yang hanya makan rumput.

Zat anti radang ini juga anda bisa temukan dari minyak lemak tidak jenuh tunggal, dari kacang-kacangan, alpukat atau kelapa.

3. Mencegah Proses Oksidasi
Oksidasi juga merupakan salah satu penyebab penuaan dini, oksidasi tersebut dapat menghasilkan radikal bebas yang akan menimbulkan kerusakan pada sel tubuh sehingga mempercepat penuaan, penyakit kronis dan kematian pada sel-sel tubuh.

Mencegah Penuaan dengan makanan sehat dan hidup sehat

Untuk mencegah proses oksidasi, anda perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan, antioksidan ini juga berguna untuk menangkal radikal bebas. 

Selain dari 3 di atas cara untuk mencegah penuaan yaitu dengan hidup sehat, olah raga teratur, tidur yang cukup,mengurangi stress dan yang paling berat adalah hindari merokok.
Sekian semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa SHARE keteman supaya lebih bermanfaat. 
referensi hellosehat