Cara Membersihkan Kotoran Telinga yang Benar dan Baik

Cara membersihkan telinga, membersihkan telinga

Cara Membersihkan Telinga

Ternyata membersihkan telinga tidak segampang biasanya, demi hasil dan perawatan yang baik baik telinga anda. Banyak sekali yang salah dalam membersihkan telinga, termasuk saya sendiri terkadang juga melakukan kesalahan dalam membersihkan kotoran pada telinga.

Menggunakan Cotton Bud untuk membersihkan telinga ternyata bukan pilihan yang baik, justru dengan menggunakan cotton bud ini sangat beresiko bagi gendang telinga anda. Cotton bud yang di gunakan untuk mengorek kotoran telinga, justru akan mendorong kotoran tersebut masuk ke dalam dan akan menempel pada gendang telinga, apalagi jika anda mengoreknya terlalu dalam.

Mengeluarkan kotoran telinga dengan cotton bud kadang akan terasa sakit dan nyeri jika terlalu dalam, bahkan akan beresiko merusak gendang telinga yang justru akan berakibat fatal bagi telinga anda dan pendengaran anda.

Kotoran telinga atau serumen merupakan gumpalan lunak yang justru mempunyai fungsi yang baik bagi telinga anda, gumpalan tersebut berguna untuk perangkap debu ketelinga, menghambat pertumbuhan kuman dan juga untuk menjaga air agar tidak masuk ke dalam lubang telinga. Namun jika kotoran telinga jumlahnya berlebihan, maka akan mengganggu  pendengaran dan memnyebabkan nyeri.

Terkadang kotoran telinga yang sudah menumpuk banyak juga akan keluar dengan sendirinya, tapi kebanyakan dari kita akan risih dan jijik jika kotoran telinga keluar dengan sendirinya, akan terkesan jorok dan kotor. Tapi sebenarnya keluarnya kotoran dari dalam telinga adalah hal yang alami.

Cara Membersihkan Kotoran Pada Telinga yang Menumpuk

Lantas bagaimana seh cara membersihkan kotoran telinga yang benar dan baik bagi telinga.?? Berikut caranya.
Cara Membersihkan Telinga Referensi Aladokter
1. Dengan menggunakan cairan hidrogen peroksida
Cairan tersebut merupakan obat tetes telinga yang berfungsi untuk mencairkan tumpukan serumen, sehingga anda bisa membersihkannya di luar lubang telinga atau di area daun telinga saja.  Gunakan cairan ini 10 menit sebelum mandi , dan bersihkan setelah kotoran telinga keluar menjadi cairan yg agak kental.


2. Mengguanak minyak bayi atau baby oil
Dengan menggunakan baby oil ini juga bisa melunakkan tumpukan pada telinga, tunggu hingga 1-2 hari maka kotoran akan mencair, setelah beberapa hari tersebut masukkan air hangat kedalam telinga yang akan di bersihkan tersebut lalu miringkan. Maka kotoran akan keluar dengan sendirinya, dan gunakan kapas atau kain halus lainnya untukmengelap atau bisa langsung mencuci dengan menggunakan air biasa.

3. Pergi ke dokter Telinga
Jika rasanya masih bermasalah dengan telinga anda atau mungkin pendengaran anda berkurang setelah di bersihkan, maka jalan terakhir yaitu pergi ke dokter dan mintalah untuk memeriksanya, karena bisa jadi bukan kotoran saja yang menjadikan masalah telinga anda, namun ada hal lainnya.

Sebenarnya cara membersihkan telinga mudah jika kita mengerti dan mungkin tidak akan menggunakan kunci, lidi yang di beri kapas atau yang lainnya untuk mengorek kotoran pada telinga. Namun kebanyakan kita selalu menggunakan cara yang sedikit ekstrim dengan mencongkel kotoran telingan dengan alat diatas.

Baca Juga : Tips Menghilangkan Jerawat, Tips Jitu bikin Wajah mu mulus..!!

Sekian semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa di SHARE ya.