9 Manfaat Kopi Pahit Tanpa Gula, Apa saja seh Manfaatnya.?

manfaat kopi, kasiat kopi hitam, kopi hitam, kopi pahit

Manfaat Kopi Pahit

Manfaat kopi pahit tanpa di beri gula, selain untuk membuat kita tetap terjaga, ternyata memiliki manfaat lain yang berguna bagi tubuh kita. Namun bukan berarti karena memiliki manfaat, maka kita terus-terusan minum kopi ya. Manfaat Kopi sebenarnya ada banyak, selain untuk kesehatan, namun juga untuk memberikan semangat atau gairah setelah minum kopi.

Berikut beberapa manfaat kopi pahit yang bisa kita nikmati dan ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Dan kopi pahit ini, bukan berarti kopi tanpa gula ya, namun kopi dengan sedikit gula dan lebih menonjolkan ciri khas sebagai kopi yaitu pahit.

Warna hitam pekat pada kopi, ternyata memiliki beberapa kasiat yang jarang kita tahu. Kebanyakan orang hanya menilai bahwa kopi hanya untuk membuat kita tahan begadang, namun nyatanya manfaat kopi ternyata jauh lebih banyak di bandingkan hanya untuk mata terjaga. Memang benar bahwa kopi bisa membuat kita tahan untuk terjaga, namun ketika badan lelah, kopi pahit pun terasa tidak akan mempan melawan rasa lelah yang menghampiri.

Beberapa manfaat kopi tanpa gula atau sedikit gula yang akan kita bahas ya, berikut ulasannya di simak.


1. Sumber Anti Oksidan
Kopi merupakan salah satu sumber anti oksidan dan juga sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Seperti kalium, Niasin, magnesium, Kromium dan vitamin E. Kromium sendiri baik bagi tubuh karena dapat mengendalikan kadar gula dalam darah. Selain itu magnesium juga mampu menurunkan potensi kolestrol buruk dalam darah. Kandungan Flavonoid di dalam kopi, juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit akut.

2. Kopi Mampu mengurangi Kerusakan fungsi Kognotif pada lansia
Menurut ahli nutrisi dan diet yaitu Dr. Joan Slake Blake dan di penelitian tersebut sudah di tulis dalam American Journal Of epidemiology tahun 2001, mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi hitam dengan sedikit gula telah terbukti mengurangi resiko penuaan yang berhubungan dengan Syaraf. Bagi pria dan wanita yang teratur minum kopi tersebut, akan memiliki syaraf motorik dan sensorik yang baik, jadi untuk menuntaskan penuaan dini sebaiknya anda teratur minum kopi.

3. Mengurangi Potensi Diabetes
Kopi juga berfungsi untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh, sehingga dapat memproduksi insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh, sehingga mampu mengurangi potensi kenaikan gula dalam darah.

4. Mengurangi Resiko Kanker
Manfaat kopi pahit selanjutnya yaitu untuk mencegah serangan kanker prostat dan kanker usus besar. Ini di karenakan adanya kandungan kafein yang terdapat dalam kopi, selain untuk mata terjaga ternyata kafein juga bermanfaat untuk melawan kanker. Bahkan mampu meminimalkan resiko kanker payudara dan kanker hati. 

5. Membuat Tubuh Lebih Bugar
Seorang ahli kopi Ory Hofmekler mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi rendah gula secara teratur bisa membuat tubuh anda bugar, dan bisa membuat otot anda kuat.

6. Mendukung Program Diet
Bagi anda yang suka ngemil, makan dan minum di kafe, sebaiknya anda mengkonsumsi kopi tanpa gula jika anda sedang dalam program diet. Karena kopi merupakan minuman dengan rendah kalori, namun ketika anda tambahkan gula maka akan meninggkatkan kalori, jadi sebaiknya jika anda dalam program diet, ngopilah dengan kopi yang rendah kalori atau dengan sedikit gula.

7. Mendukung Kesehatan Tulang
Sudah di jelaskan di atas, manfaat kopi pahit dengan sedikit gula pada poin ke 5, bahwasanya kopi bisa membuat otot kuat dan ternyata juga bisa membuat tulang kuat.Ini karena kandungan kalsium dalam kopi yang mampu mencegah keluhan tulang baik pria maupun wanita.

8. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan kalium pada kopi berfungsi untuk menguatkan otot-otot jantung dan menjaga detak jantung agar cepat kembali normal. Mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan secara tidak langsung akan membentuk lemak, dan tentunya ini akan meningkatkan penyumbatan pembuluhdarah. Jadi dengan kopi anda bisa menstabilkan kembali jantung anda agar dapat memompa darah lebih teratur.

9. Meningkatkan Produktivitas
Kandungan kafein ternyata juga baik untuk menstimulasi syaraf pusat sehingga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dan melancarkan proses metabolisme dalam tubuh.

Nah sudah tahukan manfaat kopi pahit dengan sedikit gula, jadi sebaiknya anda minum kopi secara teratur dan tidak berlebihan. Karena kopi juga mampu meningkatkan detak jantung sehingga ketika anda mengkonsumsi secara berlebihan akan berakibat fatal bagi jantung anda.

Terlebih lagi jika anda mengkonsumsi kopi, sebaiknya anda tidak meminum obat-obatan, baik resep dokter maupun obat yang lain, seperti obat sakit kepala, obat stamina dll. Ini karena akan meningkatkan Dosis dalam obat tersebut, dan meningkatkan detak jantung, sehingga jika ini di lakukan maka akan sangat berbahaya.

Jadi cintai kopi secukupnya, konsumsi kopi seperlunya, teratur akan lebih baik. Sekian semoga bermanfaat. Jangan Lupa SHARE ke teman ya.

Di baca Juga Ya : Penyakit yang DI sebabkan Karena Stressss...!!!