6 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh

buah sawo, manfaat buah sawo, sawo matang

Manfaat Buah Sawo

Selain enak ternyata buah sawo memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Rasa yang manis dan sangat mudah untuk di dapat, bahkan mudah pula untuk di tanam baik dipekarangan rumah maupun di kebun.

Buah sawo kaya akan fitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, buah sawo juga banyak mengandung air sehingga sangat bagus jika di konsumsi di di saat cuaca panas tentunya pada siang hari.

Bukan hanya sawo yang sudah matang, sawo yang masih mentah pun ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Buah sawo yang masih mentah berkasiat untuk mengatasi diare, atau mencret yang berlebihan akan berkurang dengan mengkonsumsi air dari perasan sawo mentah ini.

Manfaat Buah sawo matang, mentah dan daunnya

Selain buahnya yang enak, hampir semua yang terdapat pada pohon sawo bisa kita manfaatkan untuk obat. Sawo matang banyak nutrisi dan vitamin yang tentu baik bagi kesehatan tubuh, sawo mentah juga berguna untuk mengatasi diare begitu juga dengan daun mudanya yang berguna juga untuk mengurangi diare.

Asalakan kita tahu caranya kasiat buah sawo ini sangat baik bagi kesehatan tubuh, namun  karna buah ini yang mudah untuk di tanam dan mudah di dapat, sehingga saat ini buah sawo tidak setenar dulu yang di sukai banyak orang. Buah sawo kini kian tersisih oleh beberapa buah-buahan yang lain, dan bisa di katakan buah yang jarang di sukai lagi.

Kandungan Di dalam Buah sawo

Nah untuk kandungan buah sawo anda bisa lihat pada list berikut
- Zat Besi = 1 mg
- Vitamin A = 60 IU
- Vitamin B1 = 0.01 mg
- Vitamin C = 21 mg
- Asam Folat = 14 mg
- Energi = 92 kkal
- Protein = 0,5 gr
- Lemak = 1.1 gr
- Karbohidrat = 22.4 gr
- Kalsium = 25 mg
- Fosfor = 12 mg
- dan Serat

6 Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan
Ada beberapa manfaat dan kasiat untuk buah sawo dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang tertulis di atas. Berikut ulasannya.
1. Menyehatkan mata
Vitamin A pada buah sawo bermanfaat untuk menyehatkan mata, seperti yang sudah kita ketahui jika vitamin A memang sangat baik bagi kesehatan mata, nah buah sawo ini merupakan salah satu makanan yang bagi untuk menyehatkan mata anda.

2. Menyehatkan Tulang
Di dalam buah sawo terkandung fosfor, kalsium dan zat besi, yang tentunya ini bermanfaat untuk kesehatan tulang anda, terutama bagi anak-anak.

3.  Pembentukan Sel Darah Merah
Untuk pembentukan sel darah merah ini, kita membutuhkan Asam folat, dan pada sawo ini juga terkandung asam folat yang tentunya baik untuk membentuk sel darah merah.

4.  Mencegah Kanker Usus
Serat yang terkandung di dalam buah sawo bermanfaat untuk pencernaan, manfaat serat ini juga baik untuk mengatasi sembelit dan juga mencegah terjadinya kanker usus karena pencernaan yang lancar membuat usus bersih dan tidak terjadi penumpukan sisa-sisa makanan pada usus.
5. Mencegah Infeksi
Vitamin C yang terdapat buah sawo, ternyata baik untuk mencegah adanya infeksi, apalagi infeksi pada bagian gusi dan bibir karena saryawan
6.     Mengobati Radang Mulut
Peran vitamin C juga baik untuk mengobati pada radang pada rahang mulut, selain itu daun sawo juga bermanfaat untuk mengobati radang pada mulut, caranya dengan merebus daun sawo tersebut selama kurang lebih 10 menit dan gunakan airnya untuk berkumur.

Nah gimana ne gaes sudah tahu ya manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh anda, sebaiknya jangan memeandang sebelah mata buah sawo ini ya.
Sekian semoga bermanfaat dan SHARE keteman supaya manfaat.

Info Sehat Lainnya : Cara Mempercantik Diri Dengan Botox Alami, Wanita Wajib Baca..!!