Apa Itu Asma Bronkial, Gejala dan pemicunya

Asma Bronkial, penyebab asma

Asma Bronkial

Asma bronkial adalah jenis asama umum yang di sebabkan oleh peradangan dalam saluran udara (bronkus), peradangan ini kemudian mengakibatkan bronkus membengkak dam menyempit dan memproduksi lendir yang berlebihan.

Ciri Dan Gejala Asma Bronkial

1.      Batuk Keras
Batuk keras ini merupakan salah satu ciri penderita asma bronkial, batuk berdahak maupun batuk kering, dan cenderung memburuk ketika malam hari atau setelah beraktivitas.

2.      Suara Mengi
Suara mengi ini adalah suara yang keluar seperti bunyi “ ngik” saat bernafas. Ini desebabkan karena udara yang di paksa keluar dari saluran nafas yang sempit. Meskipun begitu, suara mengi bukan hanya gejala asma saja, suara mengi juga menjadi gejala penyakit lain seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan infeksi paru-paru.

3.      Sulit Bernafas Lega
Asma sering membuat anda susah untuk bernafas lega, bahkan terkadang ngos-ngosan, anda juga mungkin kesulitan dalam menarik atau menghela nafas panjang, ini di sebabkan karena menyempitnya lubang saluran pernapasan.

4.      Dada Sesak
Dada sesak saat bernafas, juga menjadi salah satu ciri asma, dada sesak seperti dada terlilit tali erat, sehingga menyebabkan anda sulit untuk bernafas. Ini di sebabkan karena otot saluran penafasan yang membengkak, sehingga menutupi saluran atau terowongan pernapasan.

Pemicu Asma Bronkial

Ada beberapa penyebab dari asma ini, namun di katakan bahwa para ahli kesehatan paru-paru belum mengetahui pasti penyebab asma bronkial. Serangan asma, pada umumnya terjadi karena beberapa pemicu sehingga asma ini bisa kambuh, berikut pemicunya :

Asma Bronkial waspadai, pemicu dan ciri-ciri nya

- Perokok Aktif dan pasif
- Infeksi saluran pernapasan
- Alergi seperti alergi makanan, serbuk sari, jamur, tungau debu, bulu hewan.
- Olah raga,yang terkadang juga bisa membuat asma kambuh
- Polusi Udara
- Faktor cuaca
- Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
- Makanan atau minuman yang mengandung pengawet
- Mengalami stress dan kecemasan serta memiliki riwayat penyakit refluks asam lambung.


Sekian semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa SHARE supaya lebih manfaat.
Referensi hellosehat.com